Baca Sains Tanpa Sinis
Evidensi

Kirim Artikel

Evidensi.com memuat artikel dengan berbagai topik asalkan memiliki landasan sains yang jelas. Tulisan yang dikirim minimal 600 kata dan tidak memiliki batas maksimal selagi masih asyik untuk dibaca.

Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca untuk beberapa rubrik, di antaranya:

———-

Eksakta. Rubrik reguler, tayang setiap hari. Tulisan menarik tentang berbagai peristiwa dengan landasan sains alam seperti fisika, kimia dan biologi. Temanya bisa apa saja, seperti luar angkasa, kehidupan, peristiwa sosial, politik atau apa saja. Yang penting disertai dengan landasan sains.

IPTEK. Rubrik seputar perkembangan sains dan teknologi. Boleh dari sekedar aplikasi terbaru hingga penemuan terbaru di bidang sains dan teknologi.

Abstrak. Rubrik yang membahas seputar pemikiran dan fiksi. Dari filsafat, ilmu sosial, hingga politik yang berkenaan dengan hidup manusia.

Persona. Menampung bacaan mengenai manusia. Dari psikologi sampai lifes hack yang dapat berguna untuk pengembangan diri.

Referensi. Tulisan dari para saintis terkenal di dunia. Diterjemahkan dengan tujuan agar lebih mudah dimengerti oleh masyarakat Indonesia.

———-

Berminat mengirimkan tulisan? Berikut syarat dan ketentuannya. (Baca baik-baik ketentuannya, kami malas menayangkan artikel yang tidak memenuhi ketentuan pengiriman naskah.)

1. Kirim naskah ke email redaksi ke redaksi@evidensi.com dengan subjek sesuai nama rubrik (Eksakta/IPTEK/Abstrak/Persona/Referensi).

2. Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan.

3. Kontributor yang karyanya dimuat di evidensi.com boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal tiga hari setelah tayang di evidensi,com, dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di evidensi.com.

4. Jika setelah tiga hari karya yang dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.

5. Tulisan dikirim dalam format sudah dicantumkan di bodi email, bukan dalam bentuk dokumen terlampir.

6. Sebelum tulisan ditayangkan, evidensi berhak menyunting tulisan kontributor.

7. Kontributor baru (yang tulisannya belum pernah dimuat di evidensi) wajib melampirkan identitas penulis. Identitas terdiri dari nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial, foto pribadi, serta atribusi (profil singkat).

Evidensi