Baca Sains Tanpa Sinis
Studi: Rahasia Umur Panjang  Ternyata Bukan Pola Makan dan Olahraga!

Studi: Rahasia Umur Panjang Ternyata Bukan Pola Makan dan Olahraga!

Banyak orang menghabiskan banyak uang untuk gaya hidup sehat dan menemukan rahasia umur panjang. Menurut Global Wellness Institute, pasar gaya hidup sehat tumbuh sekitar 6,4 persen dari tahun 2015 – 2017, dari 3,7 triliun US dolar menjadi 4,2 US dolar.

Orang-orang sering mengejar kebiasaan hidup sehat untuk membantu mereka lebih panjang umur, lebih sehat dan lebih…… baik secara penampilan.

Gaya hidup sehat ini ditopak dengan maraknya produk ajaib seperti skin-care, suplemen super, infus sel STEM, program detoks, produk-produk olahraga dan lain sebagainya. Masing-masing harganya sangat mahal.

Sektor ProdukNilai Valuasi
Perawatan diri, kecantikan dan anti-aging1,08 triliun USD
Makanan sehat, nutrisi dan suplemen kesehatan702 miliar USD
Fitness dan kebugaran tubuh595 miliar USD
Infrastruktur gaya hidup sehat134 miliar USD
Spa119 miliar USD
Nilai pasar dari sektor yang berhubungan dengan gaya hidup sehat. Data dari Global Wellness Institute.

Namun, baru-baru ini sebuah penelitian mengatakan bahwa faktor yang paling berpengaruh untuk menemukan rahasia umur panjang nggak perlu biaya sepeser pun.

Sebuah studi yang terbit di jurnal American Psychologist, menyebut faktor-faktor ini sebagai software pendorong kesehatan. Software terdiri dari jaringan sosial, hubungan, kebaikan, kesadaran, optimisme, dan kesukarelaan.

6 hal ini dapat membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik, lebih sehat. Dan ternyata, ini adalah salah satu rahasia umur panjang

“Meskipun diet dan olahraga itu penting, hubungan sosial dan software kesehatan atau bagaimana kita menjalani hidup, secara mental, dan sosial lebih penting,” kata jurnalis sains Marta Zaraska yang menerbitkan buku best-seller “Growing Young: How Friendship, Optimism and Kindness Can Help You Live to 100”.

Marta Zaraska memberikan resep umur panjang dalam bukunya
Marta Zaraska dan buku karangannya Growing Young

*Buat yang bahasa Inggrisnya pas-pasan, kurang lebih terjemahan buku itu adalah “Tumbuh Muda: Bagaimana Pertemanan, Optimisme dan Kebaikan Dapat Menolong Kamu untuk Hidup Sampai 100 Tahun.”

Dalam buku tersebut, Zaraska memadukan dan mengumpulkan sebagian besar penelitian tentang software pendorong kesehatan dalam bukunya.

Nah, software pendorong kesehatan ini dapat menurunkan angka kematian dari 45 persen hingga 65 persen. Nggak kayak kebanyakan gaya hidup sehat yang biasanya nggak enak dan menyusahkan, mereka menyenangkan! Sama sekali nggak mengurangi sesuatu yang kamu sukai (kecuali kalau kamu memang suka jahat sama orang).

Dan pastinya jauh lebih mudah daripada berpegang pada gaya hidup sehat pada umumnya atau mengikuti produk suplemen yang baru muncul. Selain sulit, produk-produk itu juga mahal!

Software kesehatan ini menyenangkan,” kata Zaraska. “Mereka membuat hidup lebih baik dan lebih menyenangkan. Nggak cuma untuk kamu, tetapi untuk orang-orang di sekitar kamu juga!”

Bagaimana Mungkin Rahasia Umur Panjang se-Gampang Ini?

Selama bertahun-tahun, Zaraska terseret dalam pencarian zat yang membuat awet muda. Dia terobsesi untuk memberikan makanan bergizi pada anaknya. Dan sering kali mengikuti tren kesehatan terkini.

Saat mencari alternatif lain, Zaraska menemukan banyak data yang menunjukkan bahwa cara ini kurang berpengaruh untuk membuat lebih sehat dan lebih berumur panjang. Ia menyadari bahwa banyak kemungkinan lain yang bisa lebih baik.

Zaraska belajar bahwa ternyata lebih bermanfaat membantu tetangga daripada memasukkan kolagen ke dalam kopinya.

membantu orang lain jadi resep umur panjang
Membantu orang yang lebih tua menyebrang jalan

“Saya benar-benar belajar bahwa saya tidak seharusnya mengerahkan semua energi saya dan menghabiskan terlalu banyak waktu, usaha dan uang untuk hal-hal seperti biji chia dan goji berry dan semua ‘makanan ajaib’ hari itu,” ingat Zaraska.

“Saya seharusnya lebih berusaha untuk mencoba hal-hal sederhana seperti persahabatan, menghabiskan waktu dengan suami saya, mencoba menjadi orang yang lebih baik, lebih optimis, dan lebih teratur.”

Marta Zaraska

Apa yang kamu makan dan olahraga tetap penting untuk hidup sehat dan umur panjang. Diet dan olahraga dapat menurunkan risiko kematian sekitar 35 persen. Tetapi pada saat yang sama, hubungan sosial – dengan pasangan, teman, anggota komunitas dan tetangga dapat menurunkan risiko kematian sekitar 45 persen hingga 65 persen.

Software pendorong kesehatan memiliki efek positif pada emosi, yang pada gilirannya, memiliki efek positif pada fisiologi. Mekanisme psikologis yang terjadi dapat membantu meredakan stres dan peradangan, meningkatkan hormon perasaan senang seperti oksitosin dan serotonin, dan mendukung kesehatan otak.

Bagaimana hal tersebut dapat berpengaruh secara positif pada fisiologi dan psikologis? Jangan lupa, kita adalah keturunan kera sosial. Selama jutaan tahun evolusi, manusia hidup dalam kelompok kecil yang masih berburu dan mengumpulkan tanaman.

dua kera yang saling tolong menolong
Simpanse juga sering menunjukkan sikap-sikap prososial untuk membantu sesama

Secara evolusioner, kita sangat memerlukan interaksi sosial untuk bertahan hidup. Di era nenek moyang kita, tanpa interaksi sosial, nyaris mustahil seorang manusia bertahan hidup. Oleh karena itu, tubuh kita secara alami sudah terprogram untuk membuat hubungan sosial yang baik dengan sesama.

Software untuk Meretas Diri Sendiri

Sampai saat ini, software pendorong kesehatan masih sering diabaikan dan diremehkan. Terdapat dua alasan, kata Zaraska:

Pertama: Orang-orang tertarik pada “solusi yang mudah, cepat, dan dapat diukur.”

Kedua: Nggak ada cuan yang dapat dihasilkan dari software kesehatan ini, sehingga perusahaan nggak merasa berkepentingan untuk mempromosikannya.

Perusahaan lebih suka berinvestasi pada produk kebugaran atau suplemen terbaru yang jelas-jelas lebih menghasilkan uang.

Software pendorong kesehatan ini hanya memerlukan kerja sukarela sore hari di panti sosial, bercengkerama dengan teman dan tetangga atau sekedar menelepon anggota keluarga yang sudah lama nggak berhubungan.

Memiliki kehidupan sosial dan emosional yang sehat nggak selalu membutuhkan pernikahan yang bahagia selamanya seperti di film kartun atau ratusan teman.

Software Ini hanya perlu sedikit perenungan dan secangkir kopi: Apakah saya memiliki seseorang untuk diajak curhat? Apakah saya terhubung dengan komunitas saya? Apakah saya mengenal tetangga saya? Apakah saya baik hati kepada orang lain?

secangkir kopi hitam
Secangkir kopi akan jadi teman yang baik untuk merenung

Penelitian menunjukkan, seringkali jawabannya adalah tidak. Lebih dari 3 dari 5 orang Amerika merasa kesepian, dengan semakin banyak orang melaporkan bahwa mereka merasa ditinggalkan, kurang dipahami, dan kurang persahabatan, menurut lembaga survei Cigna yang dirilis pada Januari 2020.

Parahnya lagi, menurut sebuah studi yang terbit di jurnal El Sevier, orang yang lebih muda melaporkan lebih banyak mengalami kesepian daripada orang setengah baya. Dilaporkan juga bahwa pria lebih banyak mengalami kesepian daripada perempuan.

Kami berupaya mencari riset kuantitatif serupa dengan subjek penelitian orang Indonesia, tapi nggak bisa menemukannya. Nanti kalau ketemu, kami akan update laman ini.

Melihat kenyataan ini, sepertinya mengambil tindakan untuk menjadi lebih terhubung dengan orang sekitar, akan membantu orang-orang mendapatkan manfaat dari software pendorong kesehatan.

Saatnya Mempraktekkan Sains

Memperkuat jaringan sosial, membantu orang lain, dan memupuk pemikiran positif mungkin tampak abstrak. Tetapi Zaraska dalam bukunya, memastikan bahwa ada cara yang mudah dan dapat diterapkan untuk mempraktikkan hasil penelitian ini. Berikut tips-tipsnya:

1. Luangkan waktu: Sama seperti ketika bekerja keras untuk mencapai target harian 10.000 langkah. Kamu harus meluangkan waktu untuk menerapkan software kesehatan.

Jadwalkan agenda harian untuk melakukannya, ini bisa dimulai dari menghubungi teman, mengajaknya nongkrong atau sekedar membuat sarapan untuk pasangan mu.

2. Mulailah dari yang hal kecil: Software kesehatan nggak perlu sampai mengubah rutinitas. Sebaliknya, setiap hari, luangkan waktu lima menit untuk menuliskan dua hal yang dapat kamu lakukan untuk melenturkan otot “software” ini.

Contohnya seperti membiarkan orang lain maju duluan dalam kemacetan atau memberikan pujian kepada rekan kerja.

3. Sederhanakan: Software kesehatan sama sekali nggak rumit. Kamu hanya perlu menerapkan kebiasaan yang sudah diajarkan agama dan orangtua pada umumnya.

Eits, tapi jangan juga setelah menerapkan ini kamu melepaskan olahraga dan mulai memakan makanan yang nggak sehat.

4. Terapkan dengan konsisten: Hal yang paling sulit dari memulai kebiasaan baru adalah komitmen dan kesadaran. Seorang peneliti berkata pada Zaraska, “Jika komitmen dapat dibuat menjadi pil, itu akan menjadi obat paling kuat yang pernah ditemukan.”

Cobalah untuk menjaga konsistensi dan komitmen dari hal kecil seperti menuliskan dua hal baik yang bisa kamu lakukan hari ini pada orang lain.

Dengan menerapkan software pendorong kesehatan yang dilandasi dengan riset ilmiah ini, kita akan menemukan rahasia umur panjang dengan cara yang sederhana.

Yuk, tunggu apa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Evidensi